cara membuat sms gateway dengan php, vb, netbeans, java, python, kesimpulannya semua bahasa pemograman sama aja. Inti dari smsgateway adalah bisa mengirim sms dengan sendirinya dengan kata lain sms yang terkirim adalah sms yang dikirim oleh robot

Friday 12 September 2014

Membuat Database SMS

Sesuai dengan tulisan saya pertama kali, saya akan menulis tentang cara membuat sms gateway menggunakan vb, gambas, java, dan php. Oops mungking vb tidak, karena saya tidak menggunakan os windows. Dalam pembahasan ini saya akan melanutkan tulisan saya kemarin. Jika anda belum membacanya saran saya bacalah, atau klik disini. Karena pembahasan kali ini sangat berhubungan dengan sebelumnya, dan jika anda pelanggan setia saya "hehehehe" Just kidding me, but i'm seriusly :P. Jika sebelumnya tidak ada kemunculan error kita lanjut ke tahap mengimport sql gammu ke database sms.

Langkah Pertama
seperti biasa buka terminal dan ketik :
sudo nautilus
lalu masuk ke folder usr->share->doc->gammu->examples->sql->mysql.sql.gz
klik kanan di file mysql.sql.gz pilih extract here, akan ada sebuah file bernama mysq.sql klik kanan copy ke folder /var/www/
jika anda tidak tau dimana folder /var/www
buka terminal & ketik
cp /usr/share/doc/gammu/examples/sql/mysql.sql /var/www "tekan enter dan ketik lagi"
chmod -R 777 /var/www/

Langkah kedua
buka browser anda http://localhost/phpmyadmin/index.php klik database sms yang pernah di buat, klik import pilih mysql.sql yang ada di folder /var/www/ klik go

Sampai disini kita selesai.
langkah selanjutnya kita akan membuat sourcode untuk sms masuk, berhubung hari sudah malam saya juga terasa sangat ngantuk saya akan membuatnya esok hari. Oya seperti biasa jika anda tidak mengerti silahkan comment dibawah sini, saya akan malu jika saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membuat Database SMS

2 comments:

  1. untuk di windows, bagaimana membuat struktur database nya ?

    ReplyDelete
  2. Untuk windows tidak jauh berbeda
    pertama - tama download gammu di http://wammu.eu/download/gammu/source/
    pilih extensi yang diinginkan dan letakkan file tsb di tempat yang mudah diingat.
    extrack file yang udah di download, import mysql.sql yang ada di folder
    Gammu-1.32.0-Windows\share\doc\gammu\examples\sql\

    ReplyDelete